Mengungkap 9 Warisan Baik NAZI yang Telah Disembunyikan Dunia

Peninggalan revolusioner NAZI
Peninggalan revolusioner NAZI

Nasionalis.id – Berbicara soal NAZI pasti tidak akan luput dari tragedy holocoust yang sempat menggemparkan masyarakat dunia pada tahun 1933 – 1945, dimana sekitar enam juta orang Yahudi dibantai dengan cara-cara yang amat sadistik oleh rezim Nazi beserta para kolaboratornya. NAZI juga bertanggung jawab atas tindakan tidak manusiawinya dengan mendirikan program kamp konsentrasi dimana para tahanan pada kamp tersebut disiksa dan dipaksa bekerja sampai mati. Rezim NAZI juga punya pengaruh besar terhadap terjadinya konflik paling mematikan di dunia yang memakan banyak korban jiwa, yaitu pada Perang Dunia II. Bahkan rezim yang di pimpin oleh Adolf Hitller ini digadang – gadang sebagai pelaku tindakan tidak manusiawi paling ekstrim dalam sejarah dunia. Begitu banyak kejahatan dan kekejaman yang pernah dilakukan NAZI dimasa kekuasaanya, tapi tahukah kamu dibalik kekejamannya ternyata rezim NAZI telah membuat kegemilangan dalam sejarah pembangunan Jerman, bahkan banyak dari kebijakan NAZI yang sangat baik dikala itu telah di diikuti dan ditiru oleh sistem pemerintahan berbagai negara di dunia, termasuk Indonesia. Apa saja kebaikan NAZI tersebut ? simak yang dibawah ini !

Perlindungan Satwa

Reichsnaturschutzgesetz
Reichsnaturschutzgesetz

Kebijakan ini berawal dari keprihatinan Hermann Goring, Heinrich Himmler, dan Adolf Hitler terhadap konservasi satwa di kala itu, khususnya yang menyangkut bagaimana satwa dibantai. Hal inilah yang menunjukan bahwa hal – hal yang mendapat perhatiaan dar rezim mematikan tersebut tidak hanya pada rakyat Jerman saja, tetapi juga pada satwa asli Jerman. Dan barulah pada tahun 1934, hukum perburuan nasional disahkan, mereka juga mengatur berapa banyak binatang yang bisa dibunuh per-tahun, serta mendirikan “musim berburu” yang tepat. Ironis memang, ketika sebuah rezim membela penuh kehidupan hewan langka, tapi di sisi lain mereka juga bertanggung jawab atas pembantaian Katolik, homoseksual, gipsi, dan etnis Yahudi. Herman Goring yang kala itu menjabat sebagai Perdana Menteri Prusia, pernah mengatakan :

“Larangan mutlak dan permanen pada pembedahan makhluk hidup tidak hanya hukum yang diperlukan untuk melindungi hewan dan untuk menunjukkan simpati dengan penderitaan mereka, tetapi juga merupakan hukum bagi kemanusiaan itu sendiri.”

Ya tapi memang itulah yang terjadi, bahkan kebijakan hukum yang kini dikenal sebagai das reichsjagdgesetz ini telah banyak diterapkan disebagian besar negara – negara barat. Kala itu NAZI juga mewajibkan agar das reichsjagdgesetz juga diterapkan sebagai dasar pendidikan konservasi hewan di tingkat dasar, menengah dan perguruan tinggi, dengan harapan agar kesadaran masyarakat Jerman terhadap perlindungan satwa semakin meningkat. Selain itu, rezim ini juga pernah membuat hukum yang disebut sebagai Reichsnaturschutzgesetz yang menempatkan spesies asli seperti serigala dan lynx Eurasia dalam daftar spesies yang dilindungi.

Gerakan Anti Rokok

Gerakan Anti Rokok
Gerakan Anti Rokok

Pada masa kejayaan NAZI kala itu, diketahui kalau sang pemimpin Adolf Hitller adalah seorang yang sangat misocapnist (*sangat membenci rokok), bahkan Adolf Hitller tidak mau berada di satu ruangan yang sama dengan orang yang sedang menyalakan rokok. Inilah yang membuat Adolf Hitller sangat menentang rokok dikemudian hari dan mulai melakukan gerakan anti tembakau yang disebut – sebut sebagai salah satu tindakan paling mahal dan efektif sepanjang sejarah. Upaya anti tembakau yang dilakukan oleh NAZI terbilang serius, mulai dari menekan perkembangan iklan rokok, menerapkan pajak tembakau yang tinggi serta membatasi pasokan rokok ke Wehrmacht. NAZI juga mengeluarkan larangan merokok di restoran dan sistem transportasi umum dengan alasan kesehatan.

Bahkan beberapa organisasi kesehatan Nazi Jerman mulai mengklaim bahwa merokok mempertinggi risiko keguguran pada wanita hamil, dan sekarang menjadi fakta umum yang sangat terkenal. Sebuah data statistik tahunan menyatakan, konsumsi rokok per kapita pada tahun 1940 di Jerman hanya 749, sementara di Amerika lebih dari 3.000. Dari data statistik tersebut bisa dibilang kalau gerakan anti tembakau yang dilakukan NAZI cukup sukses sekaligus menempatkan Jerman sebagai satu – satunya negara yang berhasil menekan perkembangan rokok pada era 1930-an dan 1940-an.

Program Kesejahteraan Sosial

Program Kesejahteraan Sosial
Program Kesejahteraan Sosial

Meski dikenal dengan kebengisanya tapi NAZI pernah menciptakan satu program yang bahkan sampai saat ini telah diterapkan di sejumlah negara, yaitu program kesejahteraan. Program yang didasarkan oleh falsafah Nazi bahwa setiap rakyat Jerman harus mendapatkan standar hidup yang layak ini digadang – gadang sebagai program kesejahteraan terbesar dalam sejarah dunia. Dan salah satu program yang terkenal adalah Winterhilfswerk (Winter Relief Program) atau program musim dingin dimana para anggota bahkan perwira tertinggi NAZI beserta masyarakat umum turun kejalan dan bahu membahu untuk mengumpulkan dana sosial yang nantinya akan disumbangkan kepada mereka yang kurang mampu (*respect). Winterhilfswerk bukan hanya sebuah gerakan propaganda yang gemilang, melainkan sebuah upaya untuk memberi rasa persatuan dan persaudaraan kepada setiap warga Jerman yang berkecukupan dan yang membutuhkan bantuan.

Pelopor Jalan Bebas hambatan

Pelopor Jalan Bebas hambatan
Pelopor Jalan Bebas hambatan

Salah satu langkah revolusioner yang pernah di ciptakan oleh NAZI adalah jalan bebas hambatan (jalan tol). Yups Adolf Hitller adalah orang yang menggagas, mendukung dan membuat Jerman sebagai negara pertama yang menggunakan sistem jalan bebas hambatan untuk menghubungkan seluruh negeri. Jaringan jalan bebas hambatan terbesar didunia yang diberi nama Autobahn ini tidak hanya membantang ke seluruh Jerman tapi juga mencapai negara lain seperti Austria. Selain sebuah langkah revolusioner yang cerdas, pembangunan jalan bebas hambatan ini juga menjadi upaya pemulihan ekonomi Jerman pasca terjangan perang perang dunia pertama, terbukti dalam proyek ini telah menyediakan lapangan kerja baru yang mencapai lebih dari 100.000 pekerja.

Volkswagen

Volkswagen
Volkswagen

Volkswagen adalah sebuah perusahaan mobil yang berdiri di Berlin, Jerman pada 28 Mei 1937. Siapa sangka jika salah satu perusahaan mobil terbesar ini adalah warisan dari NAZI. Berawal pada tahun 1930, dimana problematika masyarakat Jerman kelas menengah kala itu tidak mampu untuk membeli mobil karena harga yang tidak terjangkau. Disaat yang sama, Ferdinand Porsche sedang mengembangkan proyek mobil murah untuk keluarga, tapi kendala kala itu Ferdinand Porsche hanya bisa membuat desain mobilnya saja untuk tahap produksi masih jauh dari harapan. Adolf Hitller yang mendengar kabar tersebut antusias dan mendirikan sebuah perusahaan mobil milik negara yang diberi nama Volkswagen yang secara harfiah berarti “mobil rakyat”. Hasil produksi mobil pertama Volkswagen adalah mobil dengan seri KdF-Wagen yang seluruh spesifikasi dan ide desainnya ditentukan oleh Hitller, dimana desain kendaraan itu harus menyerupai kumbang. Mobil yang mampu memuat 4 orang dan mampu berjalan hingga kecepatan 100 km/jam tersebut sukses besar di pasaran, mobil yang kini dikenal dengan nama VW Beetle ini terkenal karena keandalan, desain bergaya dan kemudahan penggunaannya.

Bapak Roket Modern

Roket Modern NAZI
Roket Modern NAZI

Wernher Von Braun orang yang dibantu Jerman dan Amerika Serikat dalam penggunaan roket selama dan setelah Perang Dunia 2 dan juga orang pertama yang mengembangkan tekhnologi roket modern dalam sejarah ini adalah salah satu anggota partai NAZI dan Schutzstaffel (SS). Dia juga lah yang berada dibalik kesuksesan Neil Amstrong menjejakan kaki pertama kali di bulan pada Juli 1969 dengan booster roket Saturn V yang dikembangkannya. Serta salah satu karyanya yang juga disebut sebagai metode perusak dalam sejarah perang yaitu roket V-2 yang sempat meluluh lantahkan kota London. Meskipun banyak karya inovatif yang telah diciptakan Wernher Von Braun, tapi dia lebih dikenal karena prestasinya kepada NASA.

Kemajuan Dibidang Kedokteran

Inovasi kedokteran era NAZI
Inovasi kedokteran era NAZI

Matinya etika kedokteran di NAZI merupan suatu tindakan berdosa dan mengarah pada kekejaman yang tak terhitung, tapi siapa yang mengira dari tindakan melawan prinsip kemanusiaan yang dilakukan kedokteran NAZI kala itu malah menemukan informasi yang digunakan oleh dokter dan ilmuwan medis hari ini. Tapi untuk mencapai tujuan tersebut banyak tahanan dari  kamp konsentrasi yang dikorbankan.

NAZI secara ekstensif mempelajarai dan memantau hipotermia, di kamp konsentrasi Dachau, dengan menggunakan korban untuk penyiksaan berat. NAZI juga gemar merendam para tahanan dalam tong air dingin atau meninggalkan mereka dalam suhu dingin musim dingin untuk memantau perubahan suhu tubuh, denyut jantung, respon otot dan urin. Kedokteran NAZI juga berusaha merumuskan metode untuk membawa tubuh para korban kembali ke suhu yang aman usai di gembleng habis – habisan dengan kondisi dingin, termasuk “active rapid rewarming“, teknik yang tampaknya merupakan metode kebangkitan paling efektif dan digunakan di barat saat ini. Penelitian ini juga berpotensi mengisi kekosongan peneliti lain dalam riset tentang hipotermia.

Inovasi Didunia Film

Cranes and track-rail
Cranes and track-rail

Tidak bisa dipungkiri kalau rezim NAZI memang sangat tertarik dengan film dan musik sebagai teknik propaganda yang bahkan dijadikan pilar budaya penting. Terbukti dari rekaman kaset magnet pertama kali dikenal pada pidato yang dibuat Hitler, kemudian Joseph Goebbels menawarkan sebuah terobosan yang lebih rumit yaitu film. Triumph of the Will dan Triumph of the Faith” sekuel film yang berisi tentang sistem propaganda NAZI yang juga dianggap sebagai salah satu bagian terpenting dari sejarah sinematografi dunia. Kala itu pembuatan film propaganda yang dimotori oleh Leini Riefenstahl menggunakan sebuah kamera film, yang dibantu lebih dari 100 teknisi untuk memproduksi sebuah film berdurasi dua jam. Bahkan salah satu tekhnik dalam pembuatan film propaganda NAZI yaitu Cranes and track-rail yang berfungsi untuk memberi efek halus saat berjalan dan bergerak, telah ditiru dan diterapkan dalam pembuatan film sampai sekarang.

Fashion

Seragam pasukan NAZI
Seragam pasukan NAZI

NAZI juga tidak bisa lepas dari gaya busana-nya, dapat dilihat dari jaket berbahan kulit sapi dengan warna hitam pekat dimbangi dengan kerah yang kaku dan logo Runic SS, dipadu topi opsir dan sejumlah lencana dada, serta armband di lengan berwarna merah menyala dilengkapi lambang swastika di tengahnya memberikan kesan gagah sekaligus menampilkan kesan berani mati. Organisasi SS Panzer militer juga menjadi momok menakutkan bagi musuh-musuh mereka dengan topi hitam dan mantel kulit yang mereka gunakan. Dan siapa sangka kalau gaya busana NAZI ini banyak ditiru para rocker Amerika, seperti Doc Martens yang sering menggunakan sepatu boot yang sangat mirip dengan petugas Schutzstaffel. Jika kamu lebih jeli, kamu akan banyak menemukan rockstar yang menggunakan gaya busana NAZI sebagai trend mereka saat melakukan show, seperti band Mushroomhead, Sid Vicious dan Rammstein mereka semua pernah menggunakan trend busana NAZI.

Dan sekarang kita tahu alasanya, kenapa Hitller membantai yahudi !
Dan sekarang kita tahu alasanya, kenapa Hitller membantai yahudi !

Sejarah memang telah memperlihatkan kekejaman dan kebengisan suatu rezim yang bernama NAZI, namun terlepas dari itu semua, sejarah juga memperlihatkan dibalik kekejaman Nazi, ternyata mereka juga telah meninggalkan warisan yang sangat membantu di era ini. Entah kalian setuju atau tidak, semuanya kembali kediri kita masing – masing. Dan buat kamu yang punya pandangan, pendapat atau pengetahuan lain tentang rezim yang satu ini, bisa langsung menyuarakannya di kolom komentar.

 

Be the first to comment

Cuap-cuap di sini gan!!!