9 Acara TV Indonesia yang Mendidik Sekaligus Berkualitas

Acara televisi yang mendidik
Acara televisi yang mendidik

Nasionalis.id Acara TV Indonesia yang Mendidik dan Berkualitas – Miris sebenarnya membicarakan acara pertelivisian Indonesia saat ini, banyak acara yang sebenernya tidak mendidik malah menguasai jagad pertelevisian Indonesia, mulai dari sinetron, variety show, reality show dan lain sebagainya. Ngga percaya ? Oke sebut saja sinetron, apa yang bisa kamu dapatkan dari acara ini ? terhibur, iya memang kamu akan terhibur oleh acara ini tapi selebihnya apa yang bisa kamu dapatkan ?

Belum lagi adegan cinta – cintaan dan perkelahian yang turut dimasukan didalamnya, yang tentu saja punya dampak besar untuk perkembangan mental anak. Iya mungkin memang tidak semua sinetron seperti itu, tapi yang tidak itu juga bisa kamu hitung dan itu pun juga belum tentu ada faidahnya. Ada lagi acara variety show yang kerap menampilkan lawakan yang menghina dan menyiksa orang lain secara fisik mau pun mental, mulai dari dibedakin, dicoreng-coreng mukanya, dan hal lainnya yang menurut saya tidak penting, belum lagi kehidupan pribadi yang ikut dimasukan dalam acara tersebut. Bayangin aja variety show yang seharusnya jadi acara televisi malah di jadikan ajang ngerumpi bak ibu – ibu arisan… muke gile !!. Ya sudahlah mau diapakan lagi karena kebanyakan stasiun tv hanya mengutamakan rating daripada kualitas acara dan kita sebagai penikmatnya cuma bisa gini aja pasrah. Tapi tunggu dulu, diantara acara – acara sampah yang mulai menguasai pertelevisian Indonesia ternyata masih ada beberapa acara yang bisa dibilang cukup mendidik sekaligus menghibur. Penasaran ? langsung aja kepoin yang dibawah ini

9 Acara TV Indonesia yang Mendidik Dan Berkualitas

Explore Indonesia

Explore Indonesia Kompas Tv
Explore Indonesia Kompas Tv

Mungkin bisa di bilang kalau Kompas Tv adalah stasiun televisi yang masih aktif dalam memberi tayangan mendidik diantara gencarnya penayangan acara – acara murahan di berbagai stasiun Tv lokal. Explore Indonesia misalnya, program acara yang dipandu oleh Dayu Hatmanti yang dikenal juga sebagai duta olahraga selam Indonesia ini akan memberikan pengetahuan tentang pesona Indonesia yang belum dikaji lebih mendalam, acara ini akan mengajak kita untuk mengeksplorasi lebih dalam tentang keindahan budaya dan sejarah Indonesia. Menemukan hal – hal baru di tempat lama dan membangkitkan hal – hal lama yang nyaris punah. Suatu program dokumenter wisata yang mendidik dan disajikan dengan cara yang sangat keren serta menghibur.

MTMA

My Trip My Adventure Trans Tv
My Trip My Adventure Trans Tv

MTMA atau yang juga lebih dikenal dengan My Trip My Adventure, adalah sebuah program dokumenter wisata yang ditayangkan di stasiun televisi trans Tv. Ngga beda jauh dari Explore Indonesia, MTMA juga akan mengajak kita berpetualang dan mengeksplorasi keindahan alam negeri kita tercinta ini. Mulai dari keindahan pulau sampai keindahan lautnya, semua disuguhkan dengan cara yang berbeda dan menghibur. Acara ini dipandu oleh Nadine ChandrawintaVicky NitinegoroHamish Daud WyllieDenny Sumargo, David John Schaap, Dion Wiyoko dan Rikas Harsa yang secara bergantian akan menunjukan keindahan alam Indonesia kepada kita.

Music Everywhere

Music Everywhere
Music Everywhere

Bagi pecinta musik yang memang benar – benar mencintai musik, akan betah dengan tayangan yang satu ini. Music Everywhere adalah acara musik yang tayang di NET TV setiap Sabtu pukul 23.00-00.00 WIB sejak 1 Juni 2013, acara musik yang benar – benar beda dengan acara musik lainya. Setiap episode yang ditayangkan akan ada seorang musisi atau grup band yang akan melakukan live performance membawakan beberapa lagu hits mereka, para musisi dan grup band yang diundang juga akan diwawancara mengenai perjalanan karier mereka. Sebuah acara musik yang memang real membahas tentang musik, tidak ada yang namanya lipsync, tidak ada penonton bayaran atau penonton alay yang selalu berteriak ya ya ye ye, tidak ada presenter atau host yang bemain keroyokan dengan lawakan menghina dan tidak bermutu serta tidak ada panggung megah. Perfomance para musisi dan grup band hanya dilakukan di sebuah rumah atau tempat umum dalam ruangan, toh apa gunanya panggung megah kalau musiknya emang berkualitas perfomance di kamar mandi-pun akan terlihat keren.

Mata Najwa

Mata Najwa
Mata Najwa

Sebuah program talkshow yang pertama kali mengudara pada 25 November 2009 di stasiun televisi Metro TV, dan kini tayang setiap hari Rabu pukul 20:05 hingga 21.30 WIB. Program talkshow inspiratif yang dipandu oleh jurnalis senior Najwa Shihab dan selalu konsisten menghadirkan topik-topik menarik dengan narasumber kelas satu. Sebut saja Presiden RI ke – 3 (Bacharuddin Jusuf Habibie), Presiden RI ke-5 (Megawati Soekarnoputri), Mantan Wakil Presiden (Boediono), Wakil Presiden (Jusuf Kalla) dan Mantan Gubernur DKI yang sekarang menjabat sebagai Presiden RI (Joko Widodo) pernah merasakan pertanyaan kritis serta menggelitik dari Najwa Shihab. Bahkan salah satu episode Mata Najwa yaitu “Hidup Dalam Stigma” juga sempat menginspirasi Charles Gozali dalam pembuatan sebuah film bertajuk “Nada Untuk Asa”.

Kick Andy

Kick Andy
Kick Andy

Kick Andy adalah sebuah acara talkshow yang dipandu oleh Andy F. Noya, acara ini menyuguhkan sebuah kisah kehidupan nyata yang informatif, edukatif seta inspiratif dari narasumber yang dihadirkan. Tak jarang juga Kick Andy menghadirkan narasumber dari tempat terpencil yang karya dan kisah hidupnya menjadi inspirasi banyak orang, sehingga akan ada banyak cerita seru seputar masyarakat Indonesia yang disuguhkan lewat acara talkshow ini. Mulai dari topik pembahasan, narasumber dan pembawaannya dikemas secara apik, maka tak heran kalau program acara talkshow ini sempat memenangkan penghargaan seabagai Anugerah Komisi Penyiaran Indonesia 2015. Dan yang unik dari acara talkshow ini adalah Andy F. Noya pada akhir acara selalu membagikan buku secara gratis pada setiap pengunjung di studio dan dirumah (*dengan mengunjungi website Kick Andy). Program acara yang tayang perdana pada tanggal 1 Maret 2006 di Metro Tv ini bisa kamu tonton setiap hari Jumat pukul 20.00-21.30 WIB dan siaran ulang setiap Minggu pukul 13.00-14.30 WIB.

Pagi Pagi

Pagi Pagi
Pagi Pagi

Variety show ini dipandu oleh Andre Taulany, Hesti Purwadinata dan DJ Pace dan pertama kali mengudara pada Mei 2015 lalu. Acara ini membahas tentang current issue, music, surprise, talkshow, game show dan sharing session bersama motivator. Sebuah variety show yang menghibur sekaligus mendidik, selain itu informasi yang disampaikan juga lebih soft dan fresh apalagi pembawaan acara dari Andre dan Hesti yang jenaka sangat cocok menemani penonton beraktivitas di pagi hari. Tidak ada penonton bayaran, tidak ada lawakan yang bersifat menghina, semua dikemas secara apik dan menarik.

Stand Up Comedy

Stand Up Comedy
Stand Up Comedy

Stand Up Comedy adalah sebuah acara kompetisi lawakan yang ditayangkan oleh stasiun televisi Kompas TV, dimana 13 komika terpilih yang telah melalui tahap audisi di 4 kota besar di Indonesia yaitu, Surabaya, Yogyakarta, Bandung dan Jakarta akan mengikuti sebuah kompetisi Stand Up Comedy. Setiap pekan para komika ini akan membawakan materi joke (*lawakan) mereka masing – masing dengan tema yang sudah ditentukan, para komika ini akan diberi waktu selama 5 menit untuk menyampaikan materi lawakannya. Bertahan tidaknya komika bergantung pada perolehan sms dari penonton, komika yang mendapat perolehan sms terendah akan tereliminasi atau biasanya disebut dengan close – mic dan begitu sebaliknya, para komika yang mendapat perolehan sms tertinggi akan tetap bertahan dan melanjutkan kompetisi. Tapi ada session dimana komika yang sudah close – mic bisa kembali berkompetisi, yaitu pada session Callback. Di session ini komika yang pernah close – mic dan dirasa masih layak berkompetisi oleh juri, akan dipanggil kembali untuk ber stand up comedy dan bagi komika yang berhasil memperoleh nilai tertinggi akan kembali berkompetisi di Stand Up Comedy. Banyak komika yang terkenal lewat Stand Up Comedy ini, seperti Ryan Adriandhy, Ernest Prakasa, Arie Krithing, Babe Cabita, Dodit Mulyanto, dan David Nurbianto.

The Coment

The Coment
The Coment

The Coment mulai mengudara pada 27 Mei 2013 di NET TV sebagai The First Comedy Network, acara yang dipandu oleh dua host gokil Imam Darto dan Dimas Danang ini tayang setiap hari Senin sampai Jumat pukul 21.30-22.30 WIB. Ngga jauh dari judul programnya, The Coment akan mengomentari berbagai macam hal, mulai dari video, footage, gambar, foto, hingga capture socmed di berbagai media-media sosial populer seperti Facebook, Twitter, YouTube, Instagram dengan gaya yang lucu dan menghibur. The Coment bisa dibilang sebagai program acara yang unik karena banyak memiliki jargon kata seperti “Kalo engga Sanggup?? Sanggupin!!!” , “Siapa? Siapa? YANG NANYA!!!”, “Masa?! BODOOO!!!” dan masih banyak kata – kata unik yang sering di lontarkan duo kocak ini. Dan yang membuat The Coment berbeda dengan acara lainya adalah anjuran dari kedua pembawa acara ini yaitu agar tidak menonton acara ini karena “tidak bermanfaat”.

Laptop Si Unyil

Laptop Si Unyil
Laptop Si Unyil

Siapa yang tidak kenal Si Unyil ? boneka ikonik yang diciptakan oleh Alm. Raden Soejadi atau yang lebih dikenal dengan “Pak Raden” ini sangat tenar di TVRI pada tahun 1980-an. Dan Laptop Si Unyil ini adalah sebuah program acara yang menggali mengenai ilmu pengetahuan dan teknologi serta membahas juga mengenai permainan yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan dan boneka Unyil sendiri berperan sebagai pemandu yang akan bertutur dan bercerita pada pemirsanya mengenai apa yang sedang dibahas. Menurut saya pribadi, Laptop Si Unyil adalah program acara yang sangat mendidik plus menghibur untuk ditonton semua kalangan. Laptop Si Unyil sendiri perdana tayang pada 19 Maret 2007 dan bertahan hingga kini.

Nah beberapa acara televisi diatas adalah beberapa program acara berkualitas diantara kian banyaknya program murahan yang semakin menguasai pertelevisian Indonesia. Saya sendiri berharap agar acara – acara televisi diatas masih bisa bertahan dari terjangan acara murahan yang hanya mengejar rating semata, intinya “jika kamu ingin acara televisi Indonesia berkualitas, berhentilah menonton sinetron, variety show dan acara musik yang intinya bukan musik melainkan tingkah konyol para hostnya

Dan buat kamu yang tidak setuju atau punya pendapat lain tentang acara televisi Indonesia, bisa langsung suarakan pendapatmu di kolom komentar. Tengkyu 😀

Keywords:

  • acara tv tidak bermutu 2016
  • acara tv yang tidak mendidik 2016
  • acara tv yg mendidik berkualitas baik
  • acara tv yang mendidik
  • acara tv berkualitas
  • acara tv yang tidak mendidik
  • acara tv paling mendidik
  • acara tv terburuk 2016
  • acara tv tidak mendidik
  • reality show indonesia 2016

Be the first to comment

Cuap-cuap di sini gan!!!