7 Film Bertema Hacker Terbaik ini Bakal Buat Kamu Pengen Jadi Hacker, Versi Nasionalis.ID

Deretan Film dibawah ini Bercerita Tentang Aksi Kelompok Hacker

Nasionalis.ID – Kita tentu sudah tidak asing lagi dengan yang nama Hacker, ya nggak? Hacker adalah seseorang yang melakukan kegiatan untuk menerobos sebuah sistem komputer atau pun jaringan melalui koneksi namun tanpa akses yang resmi. Nah, dari kegiatan itulah saat ini banyak film-film yang mengangkat tema tentang aksi retas-meretas tersebut. Kamu sudah tau film apa aja itu? Dibawah ini saya berikan deretan film yang mengangkat tema tentang Hacker, dari film-film ini kamu bisa melihat adegan keren dalam hal meretas. Oke kalau gitu langsung lihat aja deretan film-film pilihan saya dibawah ini.


1. Hackers (1995)

Genre Film: Comedy, Crime, Drama
Genre Film: Comedy, Crime, Drama

Film yang dibintangi Dade Murphy aka Zero Cool (Jonny Lee Miller), Kate aka Burn (Angelina Jolie) ini bercerita tentang sekumpulan anak-anak SMA yang melakukan aksi peretasan terhadap sebuah perusahaan ternama. Aksi mereka berawal dari salah satu dari mereka hanya iseng memasukan sebuah virus kedalam sebuah sistem perusahaan, namun ternyata perusahaan tersebut memperkerjakan seorang hacker (The Plague) untuk melindungi sistem tersebut. Dari situlah mereka menemukan sebuah kecurangan yang dilakukan oleh The Plague, sehingga Dade dan yang lainnya bersama-sama melakukan serangan untuk mengungkap kecurangan tersebut.


2. Takedown (2000)

Genre Film: Biography, Crime, Thriller
Genre Film: Biography, Crime, Thriller

Takedown adalah sebuah film yang diangkat dari kisah nyata, yang menceritakan tentang Tsutomu Shimomura (Hacker Pemerintah) melawan Hacker paling kontroversial asal Los Angeles yakni Kevin Mitnick. Mitnick sudah lama menjadi buronan polisi, hingga pada suatu hari Mitnick mendengar kabar dari seseorang tentang SAS (Switched Access System). Dengan menggunakan SAS ini, Mitnick berhasil lolos dari kejaran polisi selama 1,5 tahun lebih, dan akhirnya pihak pemerintah meminta bantuan Tsutomu Shimomura untuk membantu menangkap Mitnick. Dalam proses pelacakannya, Shimomura malah kecolongan. Karena Mitnick berhasil mencuri file dan data penting dari komputer Shimomura, sehingga membuatya semakin geram. Film ini cocok buat kamu yang suka dengan urusan Cyber pren, karena selain diambil dari kisah nyata film ini juga sangat seru.


3. Antitrust (2001)

Genre Film: Action, Crime, Drama
Genre Film: Action, Crime, Drama

Film ini mengisahkan tentang sebuah perusahaan startup bernama NURV (Never Underestimate Radical Vision) yang ingin mendominasi dunia melalui teknologi, mulai dari bidang pendidikan sampai hiburan dengan sebuah program bernama SYNAPSE. Untuk membuat SYNAPSE itulah, perusahaan yang di pimpin Gary Winston (Tim Robbins) ini merekrut para programer dengan imbalan uang yang sangat besar. Awalnya Milo Hoffman (Ryan Phillippe) memiliki sebuah perkumpulan bersama teman-teman dengan nama Skullbocks, dari perkumpulan tersebut nama Milo dan Teddy (Yee Jee Tso) dikenal oleh Gary dan akhirnya menawari mereka untuk bergabung.

Milo Hoffman pun bersedia bergabung dan meninggalkan perkumpulan yang mengangkat namanya tersebut, berbeda dengan Teddy yang tidak mau bergabung karena menganggap Gary itu tidak mengerti apa-apa. Kecurigaan Milo bermula ketika mendengar kabar bahwa Teddy terbunuh secaramengenaskan, dan kecurigaan tersebut semakin bertambah ketika Gary menunjuk sebuah kode baru, yang ternyata kode tersebut adalah buatan Teddy. Sehingga dengan segala cara Milo menyelidiki NURV yang dianggapnya mempunyai keterlibatan soal kasus pembunuhan Teddy.


4. Swordfish (2001)

Genre Film: Action, Crime, Thriller
Genre Film: Action, Crime, Thriller

Film yang di sutradarai oleh Dominic Sena ini, bercerita tentang seorang Hacker elite bernama Stanley Jobson (Hugh Jackman). Kemampuan hackingnya tersebut, ia gunakan untuk membobol sebuah sistem pemerintah, yang membuat dia harus mendekam di penjara selama 2 tahun. Hal itu membuat istrinya tak tahan lagi hidup dengan Stanley, akhirnya dia memutuskan untuk bercerai dengan Stanley dan memiliki hak asuh tunggal untuk putrinya. Setelah kejadian tersebut, keadaan Stanley semakin memburuk dan juga berantakan. Ketika berada di sebuah pedesaan Texas, ia di temui seorang wanita bernama Ginger Knowles (Halle Berry).

Ginger mengajaknya untuk ikut bekerja dengan bosnya Gabriel Shear (John Travolta), Stanley pun langsung menyanggupi tawaran tersebut. Lalu dia diajak bertemu dengan Gabriel di California, Stanley diminta untuk meretas sebuah sistem pemerintah dalam waktu 60 detik. Tidak hanya waktu yang sedikit Stanley juga ditodong pistol tepat dikepalanya, namun akhirnya Stanley mampu menyelesaiakan tugas uji cobanya tersebut. Kemampuannya tersebut membuat Gabriel terkesan, dan memanfaatkannya untuk tujuan pribadinya. Dari situlah permainan terselubung Gabriel dimulai.


5. Who Am I (2014)

Genre Film: Crime, Drama, Thriller
Genre Film: Crime, Drama, Thriller

Who Am I ini dirilis pada bulan September 2014 lalu di Jerman, dan di sutradarai oleh Baran bo Odar. Film ini bercerita tentang seorang pemuda bernama Benjamin Engel (Tom Schilling) yang ahli dalam bidang teknologi komputer. Ia sangat serius mempelajari komputer sehingga membuatnya dijauhi teman-teman dan dia pun juga sering di bully, walau begitu ternyata Benjamin diam-diam teman sekolahnya yang bernama Marie (Hannah Herzsprung). Hingga suatu ketika dia bertemu dengan Max (Elyas M’Braek), ternyata mereka memiliki idola Hacker yang sama yaitu Mister X. Setelah Benjamin menceritakan kemampuannya, Max mengajaknya ke pesta untuk bertemu dengan 2 teman lainnya yaitu Stephan (Wotan Wilke Möhring) dan Paul (Antoine Monot Jr.).

Di sana Benjamin disuruh membuktikan kemampuannya, akhirnya meretas untuk mematikan semua lampu yang ada disekitar perumahan tersebut. Mereka berempat pun membuat tim Hacker bernama CLAY (Clown Laugh At You), dan merekapun memulai aksi-aksi meretasnya. Dari sekian banyaknya aksi Hacking yang mereka lakukan, CLAY masih belum dianggap hebat oleh Hacker lain didunia. Untuk itulah Max dan lainnya berambisi meretas sistem pemerintahan yang lebih besar lagi, namun hal tersebut membuat mereka malah menjadi buronan interpol. Ending dari film ini sangat tidak terduga pren, mendingan kamu tonton langsung aja.


6. Blackhat (2015)

Genre Film: Action, Crime, Drama
Genre Film: Action, Crime, Drama

Film ini disutradarai oleh Michael Mann, yang menceritakan tentang seorang pelaku kriminal cyber bernama Nicholas Hathaway (Chris Hemsworth). Pada saat dia sedang mendekam di penjara, dia ditawari kerja sama oleh agen rahasia Amerika Serikat dengan imbalan kebebasan. Misinya adalah untuk menemukan sebuah jaringan kriminal dunia maya serta menangkap para penjahatnya yang melakukan konspirasi dan membahayakan dunia. Awalnya serangan pelaku kriminal tersebut, menyerang reaktor nuklir yang ada di Tiongkok.

Hathaway diminta untuk bekerjasama dengan Agen Tiongkok, yang ternyata adalah temannya sendiri Chen Dawai (Leehom Wang). Dari sanalah perburuan dan pelacakan Hathaway dan Chen dimulai, mereka berdua menyusuri semua negara yang diduga lokasi tempat tinggalnya pelaku kriminal. Film ini mengangkat Jakarta sebagai tempat berkumpulnya para pelaku kejahatan tersebut, dan di sana pula para penjahat itu di tangkap.


7. Mr. Robot (2015)

Film Mr. Robot Bergenre Crime, Drama, Thriller
Genre Film: Crime, Drama, Thriller

Mr. Robot adalah serial TV yang dibintangi oleh Rami Malek sebagai Elliot, Christian Slater sebagai Mr. Robot, Portia Doubleday sebagai Angela Moss dan masih banyak lagi. Film ini bercerita tentang seorang pemuda bernama Elliot yang memiliki kemampuan programer dan hacking, yang melawan sebuah korporasi bernama E-Corp yang ingin mendominasi dunia. Awal mulanya Elliot bertemu dengan pimpinan hacker tersembunyi bernama Mr. Robot, di sana mereka menyusun rencana untuk meretas E-Corp. Mungkin dari sinopsis yang saya berikan ini kamu merasa nggak ada yang menarik, ya nggak? Tapi jangan salah pren, si penulis film menceritakannya dengan sangat keren. Kamu harus tonton ini pren.


Oke pren, itulah 7 Film Bertema Hacker Terbaik Versi Nasionalis.ID. Film manakah yang sudah kamu tonton? Atau kamu mau nambahin list diatas? Boleh aja, tinggal tulis di kolom komentar. Film-film diatas  bisa menjadi rekomendasi film yang cocok buat ngisi waktu luang kamu pren 🙂

(Baca Juga: 7 Film Bertema Hacker Terbaik, Part 2)

Keywords:

  • film hacker
  • film hacker terbaik
  • film tentang hacker
  • film hacker terbaik sepanjang masa
  • film tentang hacker terbaik
  • film bertema hacker
  • kumpulan film hacker
  • daftar film hacker
  • judul film hacker
  • film hacker terbaru
About Arif Febri 81 Articles
Saya seperti yang Anda bayangkan

Be the first to comment

Cuap-cuap di sini gan!!!