8 Hal yang Hanya Bisa Dipahami Oleh Seorang Introvert (Penyendiri)

Seorang Introvert Bukanlah Orang yang Aneh atau Antisosial. Mereka Hanya Tak Ingin Bicara
Seorang Introvert Bukanlah Orang yang Aneh atau Antisosial. Mereka Hanya Tak Ingin Bicara

Nasionalis.ID – Kalian pernah denger istilah Introvert dan Ekstrovert? Ya, 2 istilah tersebut dikenalkan oleh seorang psikolog asal Swiss yaitu Carl Jung. Secara umum tipe Introvert ini berarti seseorang yang pendiam, dan sebaliknya tipe Ekstrovert berarti seseorang yang suka bicara. Kedua tipe tersebut, memliki pandangan subyektif masing-masing terhadap dunia luar. Dan tak jarang si Introvert ini di anggap aneh dan anti sosial, karena mereka cenderung lebih suka menyendiri serta mencari suasana yang tenang untuk mereka berfikir ataupun berakifitas. Dan hal-hal berikut ini hanya dimengerti dan dirasakan oleh seorang Introvert.

1. Kita sebenarnya bukanlah orang yang benar-benar pendiam atau pemalu. Kita hanya nggak suka berbasa-basi. Terkadang kita bisa menjadi sangat cerewet apabila berada ditengah orang-orang terdekatnya, sperti keluarga atau sahabat.

2. Bagi seorang introvert, beradaptasi dengan lingkungan baru itu susah. Karena kita nggak tau basa-basi, sehingga membuatnya sulit untuk membuka pembicaraan. Namun jika si Introvert sudah merasa nyaman dengan lingkungannya, dia cenderung susah buat move on.

3. Seneng ketika liburan bareng temen-temen, tapi sering melihat jam. Menunggu kapan bisa pulang dan melakukan hal lain dirumah. Entah itu nonton film, atau nonton TV, pokoknya ada aja yang pengen dilakuin.

4. Introvert adalah seorang pendengar yang baik, ketika seseorang berbicara kita senang mendengarkan dengan sesekali menyautnya. Namun kita yang Introvert terkadang disalah pahami, karena kita hanya diam dengan muka normal ketika seseorang bercerita. Padahal kita bukannya nggak nunjukin perhatian atau cuma masa bodoh dengan ceritanya, hanya saja kita nggak bisa menemukan kata yang pas untuk diungkapkan, jadi kita hanya diam.

Introvert Lebih Sering Menghabiskan Waktu Sendirian
Introvert Lebih Sering Menghabiskan Waktu Sendirian

5. Kadang-kadang seorang introvert sangat senang atau bahagia ketika mendengar kabar dari teman yang membatalkan janji keluar/pergi dengan kita.

6. Lebih suka menikmati kesendirian, bagi kita sendiri bukanlah hal yang menakutkan. Terkadang kita lebih senang mendapati rumah kosong sewaktu pulang kerja atau sekolah. Lebih senang menghabiskan waktu di kamar sendirian, entah itu membaca buku atau pun mendengarkan musik.

7. Tidak suka menghadiri perayaan, entah di sekolah atau pun dikantor. Kalaupun kita terpaksa menghadiri perayaan tersebut, selesainya acara adalah hal yang paling dinanti dan juga hal yang paling melegakan.

8. Orang yang introvert itu nggak pandai dalam hal pura-pura. Ketika kita nggak menyukai sesuatu, kita bakal langsung mengatakannya atau dengan menunjukkan sikap ketidak sukaan. Kita nggak peduli dengan tittle ‘menyebalkan’, yang penting kita nggak terganggu lagi dengan hal atau orang tersebut.

Itulah 8 Hal yang Hanya Bisa dimengerti dan dirasakan Oleh Seorang Introvert, dan nggak ada yang salah jika kita menjadi seorang yang introvert. Jika ada yang mengatakan kalau seorang Ekstrovert itu lebih bahagia dari pada seorang Introvert, mereka salah. Seorang Ektrovert dan Introvert itu sama-sama bahagia, seorang yang pandai bergaul dan memiliki banyak teman belum tentu bahagia, dan seseorang yang penyindiri belum tentu mereka nggak bahagia, iya nggak? Maka dari itu jangan berkecil hati serta jangan minder di katain Introvert, karena menjadi Introvert juga bisa membuat kita memiliki sifat-sifat keren kok. So take easy and enjoy 🙂 . Wuisss keren ya kata-katanya 😀

About Arif Febri 81 Articles
Saya seperti yang Anda bayangkan

1 Comment on 8 Hal yang Hanya Bisa Dipahami Oleh Seorang Introvert (Penyendiri)

Cuap-cuap di sini gan!!!