5 Sifat Keren ini Hanya Dimiliki oleh Kamu Seorang Penyendiri

Hal keren yang dimiliki seorang penyendiri

Nasionalis.id – Pernah dengar kata penyendiri, introvet atau kamu mungkin punya teman yang seorang penyendiri atau bahkan kamu sendiri seorang penyendiri? Ya mungkin sebagian orang menganggap seorang penyendiri adalah orang yang aneh, pemalu atau pendiam bahkan tak jarang seorang penyendiri akan dijauhi karena dianggap membenci pergaulan. Pemikiran seperti itu ngga sepenuhnya benar juga sih, seorang penyendiri bukan berarti membenci pergaulan mungkin mereka hanya lebih merasa nyaman dan lebih fokus melakukan suatu hal ketika ia sedang sendiri.

Nah, masalah yang dihadapi seorang penyendiri ini ngga cuma soal dijauhi orang karena sifat langka yang dimilikinya. Seorang penyendiri mungkin juga sering mengalami masalah dalam bergaul karena mereka tidak pandai dalam berinteraksi, bukan karena seorang penyendiri takut dengan orang ya tapi karena seorang penyendiri butuh alasan untuk berinteraksi. Ada dua jenis orang di dunia ini, yaitu mereka yang berpikir dulu sebelum berbicara dan mereka yang berpikir sambil berbicara. Nah, seorang penyendiri adalah jenis orang yang pertama dan itulah yang membuat mereka langka, bukan hanya langka karena caranya berpikir tapi seorang penyendiri juga langka dengan sifat-sifat keren yang dimilikinya. Penasaran dengan sifat-sifat keren seorang penyendiri, kamu bisa baca coretan di bawah ini 😀

Mandiri dan tidak mau bergantung pada orang lain

Sifat penyendiri
Sifat penyendiri

Berbeda dengan mereka yang suka berkumpul atau geng-gengan yang setiap mempunyai masalah atau persoalan akan selalu mengadukan permasalahannya pada teman satu geng-nya, seorang penyendiri cenderung memiliki sifat mandiri dan akan berusaha menghadapi setiap permasalahannya sendiri tanpa bergantung pada orang lain. Bukan berarti seorang penyendiri tidak bisa berpikir kalau semua hal akan lebih baik jika dikerjakan bersama-sama, tapi lebih ke persoalan butuh atau tidak butuh bantuan.

Kokoh dengan pendiriannya sendiri

Penyendiri dengan pendirian tetap
Penyendiri dengan pendirian tetap

Seorang yang penyendiri adalah pemikir yang dalam. Mereka mampu melihat suatu hal dari sudut pandang manapun, mereka juga pandai dalam memilah sesuatu, entah itu hal kecil maupun besar, berguna maupun tidak

Itulah yang membuat seorang penyendiri memiliki prinsip dan setia memegang prinsipnya. Oleh karena itu seorang yang penyendiri tidak mudah melakukan suatu hal yang hanya bersifat ikut-ikutan sekalipun mereka mencoba untuk mengikuti, mereka akan memikirkannya dalam-dalam dan penuh perhitungan.

Imajinatif

Penyendiri itu imajinatif
Penyendiri itu imajinatif

Ahli psikologis Mihaly Csikszentmihalyi dan Gregory Feist mengatakan bahwa, orang-orang Introvert adalah orang dengan kreatifitas berkelas nomor satu.

Dalam kepala seorang penyendiri terdapat sebuah ruang imajinasi yang tak terbatas. Berbeda dengan kebanyakan orang, seorang yang penyendiri mampu menyelami penuh kedalam pemikirannya sehingga mereka bisa memikirkan apa yang orang lain tidak mampu pikirkan dan ini bukan lagi tentang think outside the box tapi think there is no box. Itulah yang membuat seorang penyendiri bisa membuat suatu adikarya. Sebut saja Albert Einstein, Bill Gates, Michael Jordan, Julia Roberts, Nicole Kidman, dan J.K Rowling mereka adalah seorang yang mempunyai sifat introvet atau penyendiri.

Dewasa

Sifat dewasa dalam diri seorang penyendiri
Sifat dewasa dalam diri seorang penyendiri

Seorang penyendiri sudah terbiasa dengan kesendiriannya dan mungkin karena kebiasaannya itulah yang membuat seorang penyendiri terlatih dalam mengontrol emosinya agar tetap stabil. Sebab itulah seorang penyendiri akan tetap tenang dan dewasa saat dihadapkan dengan sebuah persoalan, mereka akan cenderung terdiam menjadi pendengar yang baik sambil menganalisa dan memperhitungkan setiap keputusan yang diambil untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapinya.

Pemimpi

Mimpi seorang penyendiri
Mimpi seorang penyendiri

Seorang yang penyendiri pasti pernah merasa dimana pikirannya terus bergemuruh dan sering sekali begitu kritis terhadap suatu hal, tapi mereka malu untuk mengungkapkanya karena kesulitan utama yang dimiliki seorang penyendiri adalah berinteraksi. Tapi suatu hal yang mengejutkan adalah cara berpikir kritis yang dimiliki seorang penyendiri adalah sebagai tumpuan mereka dalam membangun impian mereka. Kenapa bisa begitu ?

Karena dari cara berpikir kritis para penyindiri inilah yang membuat mereka cepat belajar, baik itu hal teknis maupun hal yang bersifat kaidah norma. Oleh karena itu seorang yang penyendiri berpotensi untuk menguasai banyak skill mumpuni yang akan berguna dalam mewujudkan impiannya. Selain itu sifat penyendiri yang dimilikinya sekaligus yang dianggap aneh oleh kebanyakan orang bukanlah suatu kekurangan, justru itu adalah nilai lebih bagi seorang penyendiri. Jika kebanyakan orang membutuhkan orang lain untuk membantu mengembalikan rasa kepercayaan dirinya tapi lain dengan seorang penyendiri, mereka hanya membutuhkan dirinya sendiri untuk mengembalikan rasa percaya dirinya dan bangkit dari masalah yang dihadapinya. Seorang yang penyendiri juga akan sering merenung dalam kesendiriannya dan memperhitungkan setiap langkah dalam membangun mimpinya.

Nah, itulah sifat keren yang dimiliki seorang penyendiri. Dan buat kamu yang mempunyai sifat menyendiri, introvert atau apalah namanya, jangan anggap itu suatu kekurangan ataupun penyakit. Jangan pula ikut tergerus dengan budaya ekstrover yang mengatakan kalau kamu ingin terlihat pintar kamu harus banyak bicara dan sering tampil atau juga kalau kamu ingin terlihat keren kamu harus sering nongkrong. Percaya dengan potensi luar biasa yang ada dalam dirimu sendiri, kurangnya kemampuan dalam berkomunikasi bukanlah sebuah masalah karena itu bisa dilatih dan akan semakin baik seiring berjalan waktu. So good luck 😀

Be the first to comment

Cuap-cuap di sini gan!!!