Inilah 8 Manfaat Tersembunyi yang Bisa Kita Dapat Dari Kantung Teh Celup Bekas

Banyak Manfaat yang Bisa Kita Peroleh dibalik Kantung Teh Celup yang Telah Kita Gunakan
Banyak Manfaat yang Bisa Kita Peroleh dibalik Kantung Teh Celup yang Telah Kita Gunakan

Nasionalis.ID – Berbicara soal teh, pasti semua orang pernah bahkan sering meminum teh. Banyak manfaat yang bisa kita dapa dari meminum teh, contohnya seperti menghilangkan racun dalam tubuh, mencegah kanker, menstabilkan tekanan darah, selain itu teh juga bisa membuat diri kita menjadi lebih rileks. Seiring dengan perkembangan jaman, teh telah mengalami peningkatkan. Dari yang dulunya perlu dilakukan penyaringan untuk memisahkan daun dan batang teh sebelum diminum, hingga saat ini dibuat lebih praktis, yaitu dengan penggunaan kantung, yang kini dikenal dengan teh celup.

Cara penyajian teh ini pun bisa dengan berbagai cara, bisa diseduh dengan air panas atau bisa juga disajikan dingin atau dicampur dengan es batu. Dan biasanya setelah kita selasai menyeduh teh, bekas kantung dari teh celup yang kita gunakan tadi langsung kita buang gitu aja, ya nggak pren? Yah, mungkin aja sih, masih banyak dari kita yang nggak tau ternyata ada banyak manfaat yang tersembunyi dibalik kantung teh celup bekas tersebut. Lalu apa aja manfaatnya? Oke, kalau gitu langsung aja pren, simak artikel tentang 8 Manfaat Tersembunyi yang Bisa Kita Dapat Dari Kantung Teh Celup Bekas di bawah ini.

1. Menghilangkan Rasa Lelah pada Mata Dan Mengatasi Kantung Mata

Kompreskan

Banyak aktitivitas yang kita lakukan membuat mata kita terasa lelah, seperti menatap layar komputer, menonton tv, menggunakan smartphone atau pun membaca buku. Selain mata yang terasa lelah, tak jarang pekerjaan atau aktivitas lain juga membuat kita menjadi kurang tidur, sehingga menyebabkan mata kita berkantung. Caranya cukup mudah, ambil kantung teh celup bekas lalu rendam didalam air dingin sampai benar-benar menjadi dingin. Setelah itu kompreskan pada kedua mata kamu dan biarkan sampai beberapa menit maka mata kamu akan kembali terasa segar. Sedangkan untuk kantung mata sendiri, secara perlahan-lahan nantinya akan menghilang dengan sendirinya.

2. Scrub Wajah (Teh Hijau)

Untuk Maskeran

Teh sendiri memiliki beberapa jenis, ada teh hijau ada pula teh hitam. Nah manfaat yang bisa kita dapat dari bekas kantung teh hijau ini adalah sebagai scrub wajah kita, baik untuk cewek ataupun cowok. Caranya mudah saja, setelah kamu selesai menyeduh teh, robek dan keluarkan teh dalam kantung tersebut. Untuk hal ini kamu perlu mencapurnya dengan madu sebanyak satu sendok teh dan tepung beras secukupnya, aduklah sampai rata. Setelah itu oleskan diseluruh bagian wajah, tunggu sampai 5 menit dan basuhlah dengan air sampai bersih. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

3. Meredakan Kulit yang Terbakar Sinar Matahari

Tempelkan

Mungkin kita pernah terkena paparan panas sinar matahari secara berlebihan, yang membuat kulit kita menjadi sensitif bila disentuh dan rasanya pun juga perih. Tenang aja pren, jikalau suatu hari nanti kamu merasakan hal itu lagi, cukup gunakan kantung teh celup bekas. Dan caranya pun cukup mudah kok pren, ambil kantung teh celup bekas yang sudah dingin atau yang udah nggak panas lagi, lalu tempelkan pada kulit yang terbakar tadi. Atau kamu juga bisa meletakkan kantung teh bekas tersebut ke dalam air, abis itu siramkan pada bagian kulit yang terbakar. Niscaya kulit yang tadinya terasa perih, secara perlahan akan mulai mereda.

4. Meringankan Luka Memar

Memar

Semua jenis teh bisa kita gunakan untuk hal ini, namun yang terutama adalah kantung teh hitam. Karena teh hitam yang ada dalam kantung tersebut, megandung zat asam tannic, yang memiliki kegunaan untuk membatasi pembengkakan yang terjadi didalam kontruksi pembuluh darah. Caranya hanya dengan merendam kantung teh celup bekas kedalam air dingin, lalu tempel atau oleskan dibagian yang mengalami luka memar. Dengan begitu dapat membantu meringankan dan membantu proses penyembuhan luka yang kamu alami pren.

5. Mengobati Bisul

bisulan

Selain bisa meringankan luka memar, kantung teh celup bekas juga bisa digunakan untuk mengobati bisul lho pren. Caranya mudah banget pren, ambillah kantung teh celup bekas, lalu tempel atau kompreskan pada bisul sampai kurang lebih 15 menit. Jangan dibilas ya pren, biarkan kering dengan sendirinya. Memang cara ini nggak bisa menghilangkan bisul seketika, namun jika dilakukan secara rutin terbukti bisul bisa teratasi.

6. Menghilangkan Bau Kaki

Rendam Kaki

Tak jarang aktivitas kita sering menggunakan sepatu, seperti berolahraga ataupun yang lainnya. Bahkan banyak pekerjaan yang menuntut kita untuk memakai sepatu. Nah, dari aktivitas-aktivitas tersebut sering membuat kaki kita menjadi berkeringat, dan tentu saja hal itu membuat kaki kita menjadi bau. Jika kita malas mandi, cukup gunakan kantung teh celup bekas. Masukan beberapa kantung teh celup bekas kedalam bak yang berisi air hangat, lalu rendamlah kaki kamu selama kurang lebih 15 menit, setelah itu lap kaki kamu menggunakan handuk hingga kering.

7. Menyerap Bau yang Tidak Sedap

Bau pada Sepatu

Nah, kalau di rumah kamu memiliki sepatu ataupun lemari yang baunya kurang sedap, kamu bisa gunakan kantung teh celup bekas sebagai penawarnya. Letakkan saja kantungnya kedalam sepatu atau lemari yang punya bau kurang sedap, dan dengan sendirinya kantung tersebut akan menyerap bau yang kurang sedap tadi. Selain menyerap bau tersebut, kantung teh celup bekas juga bisa membantu mencegah laba-laba ataupun tikus yang ingin masuk kedalam sepatu atau lemari kamu.

8. Menghilangkan Noda pada Kaca dan Peralatan Dapur

Mencuci dengan Teh

Selain menggunakan sabun, mencuci peralatan dapur bisa juga menggunakan kantung teh celup bekas. Caranya dengan mengambil beberapa kantung teh celup bekas dan rendam bersama dengan peralatan dapur, seperti piring, wajan, panci dan yang lainnya. Setelah beberapa saat bilas dan bersihkan peralatan dapur tersebut, maka noda minyak yang membandel akan hilang dengan mudah. Atau kamu bisa juga menggunakan kantung teh celup bekas yang masih memiliki sisa cairan, teteskan pada kaca atau cermin dan juga peralatan dapur, setelah itu gosok sedikit lalu bilas. Maka nodanya pun akan hilang

Nah, itulah pren manfaat yang bisa kita dapat dari kantung teh celup bekas, jadi mulai sekarang jangan sia-siain kantung tersebut ya. Mending kamu kumpulin aja, karena memang banyak yang bisa dilakukan dengan kantung teh celup bekas ini. Baca juga 6 Manfaat Tersembunyi Buah Lemon Selain Untuk Kecantikan

About Arif Febri 81 Articles
Saya seperti yang Anda bayangkan

Be the first to comment

Cuap-cuap di sini gan!!!