Mental Penulis Hebat: Start Action Now!

Saya sudah terlalu sering mendengar kata seperti ini: “Bu Mita, saya ingin memulai menulis cerpen.” Atau: “Bu Mita, saya mau mulai bikin novel perdana saya.”

Saya sering mendengar dan membaca semangat menggebu seperti ini pada saat memberikan training menulis. Namun selang beberapa minggu atau beberapa bulan kemudian, saya melihat tak ada ACTION yang mereka lakukan.

Asma Nadia
Asma Nadia

Atau mungkin mereka sudah mulai menuliskan apa yang mereka ingin. Tapi waktu mereka menemukan hambatan, kesulitan, tantangan dan masalah menulis lainnya mereka terlalu cepat menyerah. Padahal untuk menjadi penulis hebat kita harus siap sedia bergulat dengan semua masalah itu sampai masalah itu kita taklukkan segera.

Dalam latihan menjadi penulis hebat akan banyak rintangan yang akan kita hadapai. Ini wajar. Sebab yang anda tuju itu adalah titel “HEBAT” bukan “BIASA”. Dan setiap penulis hebat selalu ingin menaklukkan tantangan dan rintangan menulis dengan segera. Mereka memiliki mental ini: Start Action Now. Alias bertindak segera!

Mari kita ambil contoh praktek. Misalnya begini: Awal memulai menulis, anda pasti akan menemui pertanyaan besar ini, “Tema apa yang bagus untuk saya garap?” Ini adalah masalah. Dan anda harus menuntaskannya segera.

Kemudian, ketika anda sudah menetapkan untuk menulis satu tema, maka akan muncul lagi persoalan berikutnya yaitu, “Bagaimana cara memulainya?”

Dan ketika anda sudah mulai, maka akan muncul lagi pertanyaan besar, “Bagaimana agar tetap semangat?”

Ketika anda sudah mulai semangat, muncul lagi tantangan berikutnya, “Terlalu banyak gangguan, bagaimana agar saya bisa fokus?”

Setelah bisa fokus, masalah datang lagi, “Dari mana saya dapatkan referensinya?”

Ketika sudah dapat banyak referinsi, masalah muncul lagi, “Bagaimana agar tetap konsten menulis sampai selesai?”

Dan begitulah seterusnya. Tantangan-tantangan akan selalu ada, sejalan dengan lama waktu anda mengarungi dunia penulisan. Tak peduli apakah anda penulis pemula atau penulis profesional anda akan selalu dihiasi oleh hambatan dan rintangan.

Ya, benar! Bahwa menjadi penulis hebat itu bukan soal gampang. Menyelesaikan sebuah cerpen apalagi novel itu tidak mudah. Anda akan menemukan banyak hambatan, rintangan dan tantangan.

Namun sebagai seorang yang memiliki mental penulis hebat tidak akan diam melihat masalah. Dia justru akan bergulat dengan masalah itu dan mencari solusi atasnya segera. Ini adalah mental penulis hebat: Segera bertindak!

Dan ini sama seperti yang telah dilakukan penulis hebat lainnya. Dibalik kesuksesan penulis hebat itu ada perjuangan berat dan derasnya tetesan keringat yang  dikeluarkan dalam menghadapi masalah-masalah.

Coba cek dan tanya, sejak tahun berapa para penulis hebat itu mulai menulis? Sudah pasti mayoritas mereka telah mulai menulis bertahun-tahun yang lalu. Dan pasti juga mereka telah mengalami masalah diatas ratusan kali.

Dan masalah yang mungkin paling berat bagi mereka adalah : ditolak para penerbit. Tapi mereka tidak menyerah. Mereka segera Take Action, berbenah.

Kebanyakan penulis hebat itu juga pernah menghadapi pertanyaan berikut:

  • “Bagaimana cara mendatangkan inspirasi?”
  • “Bagaimana cara menulis dengan mengalir?”
  • “Bagaimana cara tetap mood menulis?”
  • “Bagaimana cara menyusun paragraf?”
  • “Bagaimana cara menciptakan plot dan alur?”
  • “Bagaimana agar bisa konsisten menulis”
  • “Bagaimana cara menembus penerbit?”

… masih banyak pertanyaan lainnya.

Hanya seja mereka telah menjawab pertanyaan itu jauh hari sebelum kita. Mereka telahtake ACTION beberapa tahun yang lalu. Mereka terus berkarya walaupun banyak halangan dan rintangan. Mereka terus menulis walaupun sering ditolak penerbit. Dan mereka telah berhasil mencapai posisi mereka sekarang karena telah take ACTIOn segera, sejak jauh hari yang lalu.

Dan kita juga pasti akan menghadapi persoalan yang sama. Bila demikian berarti kita harus menyikapi masalah itu dengan SEGERA, bila kita ingin menjadi penulis HEBAT seperti mereka.

Namun bila kita tidak mulai menghadapi dan mencari solusinya SEGERA, beberapa bulan atau beberapa tahun lagi pasti kita akan kembali menanyakan deretan pertanyaan diatas. Dan bila demikian kita telah menunda keberhasilan berbulan-bulan. Kita telah menyia-nyiakan waktu. Padahal kita ingin sekali menjadi penulis HEBAT, sekarang, SEGERA!

Jadi inti masalahnya ada di: Apakah Anda mau menyelesaikan hambatan menulis anda segera atau atau nanti? Anda mau take action sekarang atau setahun lagi? Anda ingin menjadi penulis  HEBAT atau BIASA? Jawabannya tergantung pada anda sendiri seiring berjalannya sang waktu.

Sumber: Agusmita