Mengumpulkan Ide Cerita Dan Menentukan Tema Cerpen

Tips Cara Membuat Cerpen kali ini seputar cara mengumpulkan Ide cerita. Sebenarnya ide cerita itu ada dimana-mana. Ide tersebut ada pada tubuh kita, di kepala, di badan, di tangan, di kaki. Ide ada pada segala sesuatu yang kita lihat, yang kita dengar, dan yang kita rasakan dapat menjadi ide cerita yang menarik.

Dengan mengetahui ini maka anda akan tahu cara menulis cerpen, apapun jenisnya, dengan mengalir. Misalnya anda ingin menulis cerita fiksi, anda bisa menggali ide hanya dari satu benda, batu, misalnya.

Ya, saya pernah membaca cerpen dengan hanya mengeksplorasi satu benda: batu.

Pernahkah anda membacanya? Kalau belum silakan tanya om google saja ya, saya juga lupa judulnya apa. Dulu juga ketemunya lewat searching gugel… maaf ngga bisa ngasih link tautannya.

Inti dari mencari inspirasi pada benda, kejadian atau apapun yang ada di sekitar kita adalah dengan menulisnya. Tulislah ide anda segera setelah ia melintas di benak anda. Anda dapat menuliskan:

  1. Kejadian di dalam mimpi. Misalnya mimpi menemukan harta karun.
  2. Hal lucu yang terjadi di sekolah. Misalnya alas meja bolong-bolong kena api rokok sang guru perokok.
  3. Hal menarik dan unik lainnya yang Anda jumpai di dalam ataupun diluar rumah. Misalnya, layang-layang putus dan nyangkut di antena TV pak lurah dan pak lurah pun marah.
  4. Kata atau kalimat unik yang tidak sengaja terdengar atau terpikirkan. Contohnya: Angin sepoi-sepoi yang bikin asoi,  Marah tak tertahan ketika aku jengah, Malu-malu tapi mau.

Intinya adalah banyak-banyaklah mengumpulkan ide kapan saja dan dimana saja. Setelah ide banyak terkumpul di buku catatan, kini anda dapat menyirami benih-benih itu dan melihatnya tumbuh bersemi dengan mengaitkan satu dan lain ide yang ada.

Yup demikian tips tentang cara membuat cerpen kali ini. Semoga bermanfaat.