3 Strategi Menyelesaikan Cerpen Dengan Cepat

Anda ingin cerpen anda cepat selesai? Bisakah menyelesaikan cerpen dalam tiga hari? Jawabannya: Bisa saja asal anda tahu caranya dan konsisten. Berikut ini adalah 3 Strategi Menulis Cerpen Dengan Cepat. Selamat membaca.

menulisan-buku
menulisan-buku

SATU – Siapkan buku catatan disaku

Siapkan buku catatan disaku. Buku catatan kecil adalah penampung ide. Tulislah ide untuk cerita anda kapanpun anda menemukan inspirasi. Inspirasi bisa datang kapan saja. Bisa waktu anda sedang berjalan di trotoar. Bisa ketika sedang termenung di kasur. Atau bahkan saat anda sedang buang air.

Tulislah ide menarik apa saja yang tiba-tiba meluncur dari benak anda, baik berupa gambar atau pemandangan unik karena setiap yang unik selalu mengundang inspirasi.

Contoh:

Gambar pohon mirip manusia; gambar perbukitan yang bergerigi; pintu kamar mandi yang banyak coretan curhat; gambar-gambar di koran atau di televisi yang unik.

Atau kata-kata menarik seperti ini:

Setengah isi setengah kosong; bibit – bobot – bebet; pengen jomblo kaya lo; jalan becek, nggak ada ojek, payung robek.

Atau kejadian atau berita menarik atau bahkan tragis sekitar anda seperti ini:

Pengemis itu ternyata seorang direktur bank; gedung pencakar langit hasil utang luar negeri; menjajah negara demi seorang wanita; menjadi bos sehari tapi diperbudak sepuluh tahun; tas harga 1 miliar hanyut digulung gelombang.

DUA – Membaca, membaca dan membaca

Membaca, membaca dan membaca. Membacalah yang banyak, baca apa saja. Namun lebih baik baca apa yang anda suka. Baik itu cerita ataupun berita. Baik itu fiksi maupun yang non fiksi.

Membaca berarti membuka jendela dunia dan jendela inspirasi. Dengannya kunci-kunci pengetahuan terbuka dan perbendaharaan dunia akan anda kuasai. Tidak ada satu bacaanpun yang anda baca kecuali berguna.

TIGA – Menulislah setiap hari satu atau dua jam

Menulislah setiap hari satu atau dua jam. Tulislah cerita anda sejam atau beberapa jam sehari. Duduk yang rapi jali. Nyalakan komputer dan ketik cerita anda yang sudah anda mulai kemarin.

Jangan buang waktu anda hanya untuk tidak menghasilkan apa-apa. Menulis yang rutin walaupun anda sedang tidak mood. Ini adalah nasehat yang manjur untuk cerpenis pemula seperti anda: menulis, menulis, menulis.

Hey, cerpen itu pendek! Jadi jangan sampai anda lambat-lambat menyelesaikannya. Kalau perlu buatlah satu cerpen dalam tiga atau empat hari atau maksimal satu minggu. Jangan lebih dari itu, nanti keburu malas lagi.

Setelah anda mengumpulkan dua puluh lebih cerpen, segera edit dan perbaiki. Poles mana yang kurang menarik. Sempurnakan mana yang cacat EYD-nya. Diskusikan dengan teman, minta masukan. Siapa tahu bisa jadi sebuah buku.

Setelah anda melakukan itu. Setelah anda menempuh tahapan itu. Anda akan menemukan kelezatan dalam menulis. Anda akan merasakan kemampuan menulis cerpen anda berkembang. Pikiran anda akan cepat menangkap inspirasi. Kesulitan menulis mudah anda atasi. Cerpen anda akan cepat jadi.

Keywords:

  • tips menyelesaikan cerpen