Cara Menulis Cerpen: Tips dan Panduan Menulis Cerpen Dengan Mudah

Berikut ini adalah cara bagaimana menulis cerpen dengan baik dan menarik bagi kamu yang sedang memulai menulis cerpen tetapi masih bingung menentukan tema cerpen yang akan dibuat, mulai dari mana dan sebagainya, silahan simak dan pelajari tips dan panduan dalam menulis cerpen di bawah ini yang super lengkap!

Tips dan Panduan Menulis Cerpen Dengan Mudah
Tips dan Panduan Menulis Cerpen Dengan Mudah

Apakah anda ingin menjadi ahli dalam menulis?

Anda ingin menulis dengan lancar tanpa hambatan?

Anda ingin menulis menjadi kebiasaan hidup sehari-hari?

Anda ingin menulis seperti penulis hebat lainnya?

Bisakah mewujudkan semua itu? Bagaimana caranya?

Jawabannya, ya, anda bisa mewujudkan semua itu. Asal anda siap menjalankan resepnya. Dan resepnya itu ada pada kata: pengulangan. Ya, pengulangan.

Bila kita ingin menjadi terbiasa dan jago dalam satu hal, termasuk menulis cerpen, maka kita harus rajin mengulang-ulang aktivitas itu.

Mari saya berikan penjelasan dengan contoh sederhana. Coba Perhatikan nama-nama benda dibawah ini:

PENA, LEMARI, BUKU, PENA, PAYUNG, SEPATU, BUNGA, PENA, KAPUR, TONG SAMPAH, PENA, SENG, PAKU, PENA, SENDOK, MOBIL, PENA, TRUK, SPIDOL, PENA.

Dari nama-nama benda diatas, benda apa yang paling Anda ingat? Saya berani taruhan bahwa nama benda yang paling anda ingat adalah PENA, betul nggak?

Mengapa demikian? Karena PENA anda baca lebih dari satu kali, tepatnya tujuh kali. Walaupun ada kata lain yang bisa anda ingat tapi PENA menjadi yang paling anda ingat. Karena memang begitulah hukumnya:

Otak kita akan mengingat dengan kuat dan otot kita akan terbiasa akan apa yang sering kita ulang.

Begitu juga dengan menulis cerpen. Bila anda ingin menjadi penulis cerpen hebat, maka anda harus sering mengulang-ulang menulisnya.

Mulailah melatih otak dan otot anda untuk menulis cerpen. Biasakan menulis 1 cerpen dalam 1 minggu; 4 cerpen dalam 1 bulan; 48 cerpen dalam 1 tahun; dan 96 cerpen dalam 2 tahun, maka anda akan mulai merasakan perubahan dahsyat dalam diri anda. Anda mulai merasa menjadi cerpenis sebenarnya.

Ya, dengan mengulang-ulang suatu aktivitas maka kita akan menguasainya. Seperti kita dapat dengan mudah mengendarai motor karena kita telah mengendarainya dengan berulang kali. Begitu juga kita dapat menulis cerpen dengan mudah dan lancar karena telah menulisnya berkali-kali.

Sekarang mulailah praktek. Ambil pena dan kertas atau nyalakan komputer anda dan mulailah menulis cerita kesayangan anda. Menulislah setiap hari.

Keluarkan uneg-uneg, tumpahkan emosi, share pengalaman pribadi, ungkapkan ide, jelaskan maksud hati, maka lambat laun anda akan melihat tangan anda mulai berayun-ayun dengan lancar menorehkan cerita demi cerita di atas berlembar lembar kertas yang ada di hadapan anda.

Bila anda menulis, menulis dan menulis lagi setiap hari, lama kelamaan anda akan merasa keranjingan. Anda akan melihat tangan anda tidak bisa berheni menulis. Otak anda akan terus mengeluarkan ide-ide menarik. Anda akan mulai menyenangi diri anda.

Semoga, setelah membaca tulisan ini, anda mulai bersiap. Memulai mengejar impian anda menjadi cerpenis handal dengan menulis cerpen sesering mungkin, sebanyak mungkin, berulang-ulang kali sepanjang tahun ini.

Semoga suatu waktu, pada hari tertentu anda bisa merasa dan melihat diri anda tidak sama lagi seperti waktu dan hari ini. Karena anda telah menjadi penulis hebat. Penulis yang selalu ingin berlatih agar terus berkembang, belajar agar terus maju.

Demikian resep mudah menjadi ahli dalam menulis cerpen ini saya tulis. Semoga menginspirasi. Bila anda ingin berkomentar silakan isi kotak di bawah ini ya. Salam sukses penulis Indonesia.

Keywords:

  • Panduan menulis cerpen
  • panduan praktik menulis cerpen